[Event] : Coral Triangle Day 2017

by - 9:28:00 PM


Heyho, ma belle!!! Apa kabarnya? Semoga senantiasa dalam keadaan sehat dan bersemangat ya. So, today aku akan menceritakan sedikit tentang event yang aku datangi beberapa hari lalu, Coral Triangle Day 2017. Coral Triangle Day 2017 berlangsungsung pada tanggal 16 Juni 2017 di Goethe Institute, Jakarta.

Acara tersebut dilaksanakan untuk memperingati Hari Trumbu Karang Dunia yang sebenarnya diperingati setiap tanggal 9 Juni setiap tahunnya. Tanggal 9 Juni tersebut di tetapkan secara aklamasi pada CTI-CFF MM 4 tahun 2012 di Malaysia.

Pada Coral Triangle Day 2017 lalu, mengambil tema Curbing Marine Derbis, Reduce Your Plastic Waste! Selamatkan Laut Kita, Stop Sampah Plastikmu! 



Pada acara tersebut, tak hanya talkshow oleh para narasumber, tetapi juga ada penampilan dari Batutara, yaitu group perkusi yang memanfaatkan barang bekas sebagai alat musiknya.

Photo by: Dhenok Pratiwi

Selain itu ada pula penampilan dari teman kecil kita yang membacakan surat berisi ceritanya antara dia dan daerah pantai yang pernah ia tinggalinya dulu.


Kala itu, seluruh peserta yang hadir diajak untuk flash mob bersama menarikan tarian yang berisi ajakan untuk menjaga wilayah perairan dari sampah.

Kembali lagi, Coral Triangle atau segitiga trumbu karang adalah sebutan untuk wilayah geografis perairan. Anggota dari Coral Triangle yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Timur Leste, Papua Nugini, dan Solomon.

Wilayah ini terkenal dengan keanekaragaman jenis flora dan fauna endemik, hitan hujan tropis, trumbu karang, hutan mangrove, dan juga beberapa species padang lamun. Selain itu terdapat lebih dari 3000 species ikan yang meninggalinya.

Namun belakangan ini diketahui, banyak daerah pada Coral Triangle yang telah rusak. Rusaknya trumbu karang  ini disebabkan oleh pembangunan di wilayah pesisir pembuangan limbah dari berbagai aktivitas. Sehingga diharapkan peringtan Coral Triangle Day sebagai sarana edukasi untuk mengajak masyarakat luas menjaga kelestarian kehidupan laut.



Nara sumber pada acara lalu diantaranya ada Hamish Daud, seorang aktor yang konsen terhadap kehidupan laut, pecinta laut, dan pemerhati kehidupan laut. Selain itu ada Trinity, seorang traveller dan juga penulis dari buku Trinity The Nekad Traveller. Tak hanya mereka, hadir pula beberapa narasumber lainnya yang bergerak di bidang pelestarian laut.

Photo by: Dhenok Pratiwi

Sekian dulu ya ceritaku tentang Coral Triangle Day 2017 yang aku hadiri lalu. Semoga bermanfaat. Dan ingat, Curbing Marine Derbis, Reduce Your Plastic Waste! 








Instagram @nands.id - Youtube Anisa Nurrananda 
FB Fanpage nands.id


Much Love,



You May Also Like

0 komentar